Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengirim Lamaran Kerja Via Email
Melamar Kerja Via Email Telah Menjadi Praktik Umum Dalam Dunia Pencarian Kerja Saat Ini. Namun, Penting Untuk Memilih Waktu Yang Tepat Saat Mengirimkan Email Lamaran Kerja Anda. Mengetahui Kapan Harus Mengirim Email Lamaran Kerja Dapat Membantu Anda Meningkatkan Peluang Anda Untuk Mendapatkan Perhatian Dari Perekrut Dan Meningkatkan Kesempatan Anda Untuk Mendapatkan Pekerjaan Yang Diinginkan. Dalam Artikel Ini, Kami Akan Membahas Beberapa Tips Tentang Waktu Yang Tepat Untuk Melamar Kerja Via Email.
1. Hindari Mengirim Email Lamaran Pada Hari Libur Atau Akhir Pekan
Hindari Mengirim Email Lamaran Kerja Pada Hari Libur
Nasional Atau Akhir Pekan. Pada Hari-Hari Tersebut, Perekrut Mungkin Tidak
Aktif Atau Tidak Ada Di Kantor. Jika Anda Mengirim Email Pada Hari Libur Atau
Akhir Pekan, Kemungkinan Besar Pesan Anda Akan Tenggelam Di Antara Banyaknya
Email Yang Diterima Setelah Liburan Atau Akhir Pekan.
2. Pilih Waktu Di Pertengahan Minggu
Pilihlah Waktu Di Pertengahan Minggu Untuk Mengirim Email
Lamaran Kerja, Seperti Hari Selasa, Rabu, Atau Kamis. Pada Hari-Hari Tersebut,
Perekrut Cenderung Lebih Fokus Dan Memiliki Waktu Untuk Membaca Dan Menanggapi
Email Lamaran Kerja. Hindari Mengirim Email Pada Hari Senin, Karena Biasanya
Perekrut Akan Sibuk Menangani Tugas-Tugas Administratif Awal Pekan.
3. Perhatikan Zona Waktu
Jika Anda Melamar Kerja Di Luar Kota Atau Bahkan Di Luar
Negara, Perhatikan Perbedaan Zona Waktu. Usahakan Untuk Mengirim Email Lamaran
Kerja Anda Dalam Jendela Waktu Yang Wajar Bagi Penerima. Ini Akan Memastikan
Bahwa Email Anda Diterima Saat Penerima Berada Di Kantor Dan Dapat Langsung
Menanggapinya.
4. Hindari Jam Sibuk
Hindari Mengirim Email Lamaran Kerja Saat Jam Sibuk Seperti
Pagi Hari Ketika Perekrut Masih Menyelesaikan Tugas Harian Mereka Atau
Menjelang Akhir Hari Ketika Mereka Bersiap-Siap Untuk Pulang. Pilih Waktu Di
Antara Jam Sibuk Tersebut, Misalnya Pada Pertengahan Pagi Atau Sore Hari.
5. Selalu Periksa Jadwal Penerima
Sebelum Mengirim Email Lamaran Kerja, Cek Terlebih Dahulu
Jadwal Penerima Jika Informasinya Tersedia. Beberapa Perusahaan Atau Perekrut
Mungkin Memiliki Jadwal Khusus Atau Preferensi Dalam Menerima Email Lamaran
Kerja. Pastikan Anda Mengikuti Petunjuk Yang Diberikan, Jika Ada.
6. Penutup
Memilih Waktu Yang Tepat Untuk Melamar Kerja Via Email Merupakan Faktor Penting Untuk Meningkatkan Peluang Anda Dalam Mendapatkan Respons Yang Baik. Dengan Memperhatikan Waktu Yang Tepat, Anda Dapat Menunjukkan Keahlian Dan Ketertarikan Anda Dengan Cara Yang Efektif Kepada Perekrut. Ingatlah Bahwa Setiap Situasi Dapat Bervariasi, Oleh Karena Itu Penting Untuk Melihat Konteks Spesifik Yang Anda Hadapi Dan Menggunakan Penilaian Yang Baik Dalam Menentukan Waktu Yang Paling Cocok Untuk Mengirim Email Lamaran Kerja Anda.
Beberapa Tambahan Informasi Tentang Waktu Yang Tepat Untuk Melamar Kerja Via Email :
- Pertimbangkan Faktor Industri
Setiap Industri Memiliki Ritme Kerja Yang Berbeda. Misalnya,
Industri Perbankan Cenderung Lebih Aktif Pada Pagi Hari, Sedangkan Industri
Kreatif Mungkin Lebih Energik Di Sore Hari. Ketahui Kebiasaan Industri Tempat Anda
Melamar Kerja Dan Pertimbangkan Faktor Ini Saat Memilih Waktu Untuk Mengirim
Email Lamaran. Sesuaikan Jadwal Pengiriman Email Anda Dengan Jam-Jam Di Mana
Perekrut Potensial Anda Mungkin Lebih Responsif.
- Perhatikan Momen Positif Perusahaan
Jika Anda Ingin Mengesankan Perusahaan Dengan Ketertarikan Anda
Yang Khusus Terhadap Mereka, Pertimbangkan Mengirim Email Lamaran Pada Saat
Momen Positif Bagi Perusahaan. Misalnya, Setelah Mereka Meraih Penghargaan
Industri, Mengumumkan Ekspansi Bisnis, Atau Merilis Produk Baru Yang Sukses. Dalam
Situasi Ini, Perusahaan Mungkin Lebih Terbuka Terhadap Calon Pekerja Baru Dan
Email Anda Memiliki Peluang Lebih Tinggi Untuk Diperhatikan.
- Hindari Hari-Hari Terakhir Dalam Deadline Lamaran
Jika Perusahaan Memiliki Batas Waktu Untuk Lamaran Kerja,
Hindarilah Mengirim Email Lamaran Pada Hari-Hari Terakhir. Biasanya, Perekrut
Akan Menerima Banyak Email Pada Hari-Hari Tersebut, Dan Pesan Anda Mungkin
Terlewat Atau Tidak Diprioritaskan Dengan Baik. Usahakan Untuk Mengirimkan
Lamaran Anda Beberapa Hari Sebelum Batas Waktu, Sehingga Memberi Waktu Kepada
Penerima Untuk Memprosesnya Secara Efisien.
- Gunakan Analitik Email
Jika Anda Melamar Kerja Melalui Platform Atau Sistem Yang
Menyediakan Fitur Analitik Email, Manfaatkanlah Untuk Melacak Tingkat
Keterbacaan Dan Respons Dari Email Lamaran Anda. Dengan Demikian, Anda Dapat
Mengidentifikasi Pola-Pola Yang Efektif Dan Waktu Yang Paling Tepat Untuk
Mengirim Email Di Masa Mendatang.
- Jangan Menunda Terlalu Lama
Jika Anda Telah Menemukan Pekerjaan Yang Sangat Diminati,
Jangan Menunda Terlalu Lama Untuk Mengirim Email Lamaran. Bersainglah Dengan
Calon Lainnya Dengan Mengirimkan Lamaran Anda Sesegera Mungkin Setelah Posisi
Tersebut Dibuka. Jika Anda Menunggu Terlalu Lama, Ada Kemungkinan Bahwa Perusahaan
Sudah Memilih Calon Yang Cocok Sebelum Anda Mengirimkan Lamaran Anda.
Jadi, Selain Memperhatikan Waktu Yang Tepat, Penting Juga Untuk Memiliki Lamaran Yang Baik, Mengikuti Petunjuk Perusahaan, Dan Menyesuaikan Pendekatan Anda Dengan Situasi Dan Preferensi Penerima. Semoga Tips Ini Membantu Anda Dalam Melamar Kerja Via Email Dengan Lebih Efektif.
Sukses Dalam Pencarian Pekerjaan Anda!
Credit Picture : https:///www.freepik.com
Komentar
Posting Komentar